Jumat, 25 November 2011

Sekapur Sirih Pdt. Rudy R. Sirait, S.Th, MA.CE

Sekapur Sirih


Banyak orang Kristen merasa frustasi, enggan dan bingung karena terbentur oleh pertanyaan-pertanyaan sulit yang berhubungan dengan iman kepercayaannya. Apa memang benar pertanyaan-pertanyaan yang diajukan itu sulit untuk dijawab? Atau mungkin faktor dari diri kita sendiri yang tidak memiliki pemahaman utuh sehingga cendrung menghindar dikala seharusnya kita memberi pertangungan jawab?

Kekristenan adalah kebenaran yang harus diungkapkan dan diberitakan. Itulah sesungguhnya panggilan luhur Ilahi atas setiap orang percaya. Persoalannya adalah, adakah minat kita untuk mempelajari kebenaran yang dipertanyakan itu? Atau kita masih berspekulasi atau bersikap skeptis terhadap kebenaran yang telah kita percayai.

Tidaklah dipungkiri bahwa memahami kebenaran bukanlah hal yang mudah, tetapi jaminannya adalah kemerdekaan (Yoh. 8:32). Karena itulah, Allah melengkapi kita dengan akal budi dan hati nurani sehingga kita berpotensi untuk dapat memahami kebenaran itu secara utuh, membelanya serta terpanggil untuk menyampaikan kepada orang lain.

Mungkin, bagi sebagian orang, berpikir merupakan suatu pekerjaan yang sulit dan tidak enak, terutama bila menyangkut penilaian kritis, mulai dari prasangka hingga mengambil keputusan yang harus diaplikasikan dan direlevansikan sesuai dengan keadaan jaman. Tetapi kita harus mempertajam sifat analitis dan perhatian khusus pada detil-detil dalam keseluruhan firman Allah. Dengan adanya ketertarikan untuk menganalisis disertai dengan kesabaran diri, maka akan semakin nyata perannya dalam proses pertumbuhan iman kita kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan juruselamat umat manusia.
 
Saya sangat menyadari bahwa melaksanakan pembelaan iman merupakan tugas yang sulit dan penuh tanggung jawab. Namun saya merasa senang telah menerimanya karena telah terbukti adanya satu upah surgawi yang disediakan oleh Allah. Doa dan harapan pribadi, biarlah tulisan saya dalam blog ini dapat membantu saudara seiman untuk melihat keindahan tersembunyi dari ajaran-ajaran Tuhan Yesus yang teramat luar biasa, sehingga iman kepercayaan kita kian bertambah-tambah kepada-Nya. Kemuliaanlah bagi-Nya, bilamana materi-materi yang saya sajikan dalam blog ini menjadi alat bantu  untuk menjawab pertanyaan dan serangan yang diarahkan kepada anda oleh karena beriman kepada-Nya.



 Dalam Kasih-Nya


Pdt. Rudy. R. Sirait, S.Th, MA.CE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar